Cermat Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Kesalahan dalam memilih sepatu olahraga yang menjadikan ketidaksesuaian dengan aktivitas olahraga yang Anda lakukan, dapat menimbulkan berbagai keluhan. Dimulai dengan lecet pada kaki, nyeri betis (tulang kering), taji tumit, neuroma morton, nyeri tendon Achilles di bagian belakang kaki (tendonitis Achilles), nyeri punggung, nyeri lutut, dan nyeri pinggul.

Olahraga yang dimainkan tiga kali atau lebih dalam seminggu membutuhkan sepatu olahraga khusus. Ada berbagai macam kategori sepatu olahraga yaitu walking shoes, running shoes dan field sports shoes. Selain itu, terdapat sepatu olahraga luar ruangan dan kegiatan olahraga yang lainnya, seperti misalnya golf dan bersepeda yang bisa anda dapatkan di SPOTEC Official Store.

Berikut beberapa sepatu olahraga yang paling sering digunakan, antara lain:

Sepatu lari

Sepatu jenis ini sangat fleksibel, sehingga dapat menopang kaki untuk ditekuk setiap saat pemakainya melangkah. Namun sepatu jenis ini tidak cocok untuk jenis olahraga lainnya. Misalnya untuk tenis yang membutuhkan gerakan menyamping.

Sepatu aerobik

Untuk olahraga ini, sepatu yang digunakan harus lentur, bisa menopang dan memberikan bantalan yang melembabkan, meminimalkan benturan pada kaki.

Sepatu untuk jalan kaki

Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Olahraga ini membutuhkan sepatu yang dapat mengurangi nyeri pada bagian tumit dan pergelangan kaki. Pilih sepatu olahraga ringan yang mampu mengurangi benturan pada tumit. Sepatu jalan di bagian depan harus kaku agar jari-jari kakinya lebih nyaman.

Sepatu tenis dan squash

Pada aktivitas olahraga yang menggunakan raket, disarankan untuk menggunakan sepatu olahraga khusus yang dapat mendukung gerakan lateral. Karena itulah, sepatu jenis ini umumnya kaku dan lebih berat dibanding sepatu lari.

Sepatu basket dan olah raga sejenis

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari fungsi sepatu olahraga dalam permainan lapangan terbuka atau dalam ruangan, seperti bola basket atau olahraga serupa, diperlukan sepatu dengan kombinasi kelenturan dan penyangga untuk gerakan lateral.

Sepatu bola

Sepak bola harus mampu meredam tekanan pada kaki. Meski pertandingan dimainkan di padang rumput buatan. Jika sepatu yang digunakan tidak sesuai, para pemain bola akan berisiko mengalami benjolan di permukaan kulit atau pertumbuhan kuku berkurang.

Sepatu cross trainer

Sepatu olahraga jenis ini memadukan berbagai fungsi secara bersamaan sehingga bisa digunakan di lebih dari satu kegiatan olahraga. Ciri-cirinya harus memiliki kelenturan di kaki depan untuk berlari, tetapi juga kontrol yang baik untuk gerakan yang lebih luas seperti aerobik atau tenis.

Tips membeli sepatu olahraga

Sebelum memutuskan untuk membeli sepatu olahraga, pertimbangkan hal berikut:

Kunjungi toko sepatu yang khusus menjual sepatu olahraga. Toko-toko ini biasanya memiliki staf yang terlatih tentang sepatu untuk memenuhi kebutuhan olahraga Anda.

Belilah sepatu yang sesuai dengan ukuran maksimal kaki Anda, yaitu pada malam hari atau setelah seharian beraktivitas atau setelah berolahraga.

Jangan percaya anggapan bahwa sepatu akan semakin nyaman setelah dipakai. Sepatu harus nyaman sejak pertama kali digunakan.

Bawalah kaus kaki sendiri yang biasa Anda gunakan. Jika biasanya Anda memakai barang lain, pakailah sepatu juga. Hindari sepatu yang terlalu ketat. Jarak antara sepatu dan jari harus sekitar 1cm.

Tumit dengan sepatu terpasang kuat. Jangan memilih sepatu yang terlihat lebar di bagian tumit.

Ada berbagai jenis atau varian sepatu yang bisa digunakan untuk berbagai  aktivitas sekaligus, akan tetapi jika Anda melakukan hanya satu jenis olahraga lebih dari tiga kali dalam seminggu, pertimbangkan untuk membeli sepatu olahraga khusus yang Anda latih secara rutin.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *