Batik Merupakan Seni Budaya Asli Warisan Leluhur

Awalnya batik diproduksi dan digunakan hanya dari interior. Namun seiring berjalannya waktu, batik tidak lagi hanya menjadi pakaian keluarga kerajaan, tetapi telah banyak digunakan oleh masyarakat. Baik komunitas peringkat superior dan komunitas peringkat rendah. Dahulu seni batik tradisional memiliki corak, warna dan corak yang terbatas. Dari segi motif batik yang digunakan, beberapa motif yang sudah terkenal seperti sekar jagad, sidoluhur, kawung, beton, sido asih, tempelan, sidomukti dan masih banyak lagi.

Setiap motif batik memiliki makna dan filosofi tersendiri dan biasanya digunakan dalam beberapa acara adat juga. Dari segi kain yang digunakan, baju batik hanya dibuat di atas kain katun atau kain putih. Begitu juga dari segi pewarnaan, warna yang digunakan didominasi oleh warna-warna seperti coklat, hitam putih atau soga.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, dan karena pengaruh berbagai budaya asing, motif batik berkembang dan berasimilasi dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia sehingga memunculkan berbagai motif batik baru. Penggunaan warna merah misalnya menunjukkan pengaruh budaya Tionghoa, serta munculnya motif batik phoenix yang juga menunjukkan pengaruh budaya Tionghoa. Pengaruh Eropa terlihat pada motif batik tulip, kereta kuda dan lain-lain.

Kain yang digunakan pun semakin berbeda, tidak hanya kain tapi juga sutra, polyester, katun dan lain-lain. Semakin banyak warna terang digunakan. Batik modern tidak lagi terbatas pada warna coklat, hitam dan putih, tetapi juga warna-warna seperti ungu, biru, jingga banyak digunakan pada pakaian batik modern.

Tren pakaian batik modern baru terasa setelah tahun 2009 setelah diakuinya oleh UNESCO bahwa batik adalah warisan budaya asli bangsa Indonesia. Tren pakaian batik modern memberikan kesan yang besar pada pakaian batik itu sendiri. Baju batik yang dulunya terlihat kaku dan serius dikenakan oleh ibu dan ayah kini dikenakan oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga remaja dan juga lansia. Padahal, banyak agen perdagangan dan kerajaan yang mengharuskan Anda mengenakan batik pada hari-hari tertentu. Gaun batik sekarang diizinkan untuk dikenakan dalam kaitannya dengan acara apa pun, baik resmi maupun tidak resmi. Memakai baju batik juga menjadi trend tersendiri.

Munculnya pola pakaian batik modern juga membuat batik bersaing dengan banyak pakaian Barat yang juga sangat populer di Indonesia. Hal ini tentunya sangat menggembirakan dan menjadi cara untuk melestarikan warisan nenek moyang kita. Secara tidak langsung pembatik dan pengrajin memiliki peran yang sangat penting dalam pemeliharaan batik ini.

Bagaimana dengan kita? Dengan adanya busana batik yang modern dan up to date serta menghormati zaman, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memakai baju batik dengan alasan yang ketinggalan zaman, terlalu formal atau seperti yang lama. Gaun batik modern tidak lagi memberikan kesan itu.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *