Bagaimana cara cek data Anda dengan SLIK?

Mulanya, cek BI adalah nama lain untuk Informasi Debitur Individual (IDI) atau riwayat kredit seseorang atau sejarah pinjaman seseorang ke bank atau lembaga keuangan non-bank. Semua riwayat kredit pelanggan, baik atau buruk, akan dicatat dalam sistem informasi debitur (SID). Laporan data ini dapat diakses oleh lembaga keuangan di seluruh dunia untuk menentukan kredibilitas pelanggan.

Namun pada Januari 2018, layanan BI control atau Sistem Informasi Utang (SID) mengubah namanya menjadi Sistem Informasi Keuangan (SLIK). SLIK Online dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memberikan informasi debitur (iDeb) kepada debitur perorangan dan korporasi yang serupa dengan kontrol BI.

Catatan kredit inilah yang menentukan apakah permintaan pinjaman pelanggan akan disetujui. Jika catatan kredit pelanggan negatif, ia akan mengalami kesulitan mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan dan dari berbagai bank dan bank. Karena itu, sangat penting bagi setiap pelanggan untuk menjaga catatan kredit mereka tetap bersih.

 

Jenis kredit apa yang termasuk dalam iDeb SLIC?

Sebelum mempelajari SLIK dan cara memeriksa dan menghapus status iDeb Anda (informasi tentang debitur), ada baiknya Anda mengetahui jenis kredit apa yang memengaruhi iDeb.

1. Kartu kredit

Mengelola penggunaan kartu kredit sangat penting untuk menjaga kontrol BI Anda atau status iDeb tetap bersih. Disiplin Anda dalam membayar tagihan kartu kredit Anda akan menjadi catatan unik untuk kredibilitas Anda. Karena itu, Anda harus menggunakan kartu kredit Anda dengan bijak. Ingatlah bahwa fungsi kartu kredit adalah untuk membantu tidak membebani Anda.

2. Semua jenis kredit / pinjaman dari Bank (KTA)

Pada saat dibutuhkan, mengajukan pinjaman dari bank biasanya merupakan solusi yang aman. Namun perlu diingat bahwa mengajukan pinjaman bank juga membutuhkan iDeb dan, jika disetujui, Anda juga harus siap membayar dengan disiplin sebelum batas waktu. Ini akan menjadi kasus jika Anda ingin mengajukan pinjaman berikutnya.

3. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Seperti jenis pinjaman bank lainnya, hipotek juga akan menjadi sejarah kredit Anda. Sekalipun Anda menggunakan layanan lembaga keuangan non-perbankan, riwayat kredit Anda masih tercatat di sistem iDeb.

4. KPM (kredit kepemilikan mobil / motor)

Pinjaman untuk kepemilikan mobil / motor (MOE) biasanya dikeluarkan oleh lembaga keuangan non-bank. Lembaga-lembaga ini biasanya bekerja dengan dealer kendaraan.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *